Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain. Proses ini seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional. Strategi ekspor digunakan karena risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan lebih mudah bila dibandingkan dengan strategi lainnya. Strategi lainnya misalnya franchise dan akuisisi.

Kegiatan ekspor sepertinya sudah menjadi keharusan bagi setiap negara. Dengan mereka melakukan ekspor, maka bertambahlah devisa bagi negara pengekspor tersebut. Devisa yaitu sejumlah valuta asing yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Memiliki banyak devisa negara merasa diuntungkan. Hal itu dikarenakan devisa menjadi salah satu sumber pendapatan bagi negara. Devisa ini dapat berbentuk emas, valuta asing, dan surat berharga yang berlaku secara internasional.

Devisa memiliki beberapa manfaat bagi negara, antara lain sebagai berikut:

  1. Proses pembelian barang dan jasa

Devisa ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Alat pembayaran yang digunakan pastilah bukan mata uang lokal, tapi mata uang yang telah diakui sebagai alat pembayaran internasional.

  1. Membayar hutang

Untuk membayar hutang beserta bunganya haruslah menggunakan devisa. Devisa itu dapat berbentuk emas, valuta asing, dan surat berharga yang diakui secara internasional.

  1. Membiayai kegiatan perdagangan yang berhubungan dengan negara lain

Dalam hal ini devisa berguna sebagai modal dan pembiayaan terhadap seluruh kegiatan perdagangan yang harus berhubungan dengan luar negeri.

  1. Membiayai kegiatan kenegaraan di luar negeri

Biaya kegiatan kenegaraan resmi yang diadakan di luar negeri semuanya ditanggung oleh negara. Kegiatan kenegaraan yang dibiayai oleh negara menggunakan devisa seperti kunjungan kerja pejabat negara, kegiatan kompetisi, dan seminar internasional yang diadakan di luar negeri.

  1. Pembiayaan terhadap perwakilan dari negara di luar negeri

Negara menjamin kehidupan dan biaya hidup para perwakilan negara yang ditempatkan di luar negeri. Selain itu, negara juga membiayai kegiatan yang dilakukan perwakilan negara selama bertugas.

  1. Alat ukur perkembangan ekonomi

Semakin banyak dan tinggi cadangan devisa yang dimiliki maka semakin meningkat dan bertambah baik pula pertumbuhan ekonominya.

  1. Sebagai penggerak roda ekonomi

Devisa merupakan salah satu faktor penting yang dapat menggerakkan roda ekonomi suatu negara, terutama ekonomi internasional suatu negara. Dengan manfaat devisa, maka segala proses ekspor impor, penyediaan jasa, serta berbagai macam kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan dunia internasional dan negara-negara sahabat akan menjadi lebih lancar, dan dapat memberikan manfaat penting di bidang ekonomi.

Itulah beberapa manfaat devisa bagi negara. Ayo kita dukung negara untuk melakukan peningkatan terhadap ekspor. Sebagai warga negara, kita bisa menjalankan usaha yang berpotensi dapat diekspor ke mancanegara.

 

Gunakan jasa ekspor dan impor dari Beyond Indonesia. Proses belanja dan pengiriman secara global menjadi mudah. Selain itu pengiriman lebih cepat, barang dijamin aman dan terpercaya.

Untuk info lebih lanjut hubungi Beyond Indonesia melalui:

SMS / WA      : 0838 3826 8230

LINE              : beyond_id

MAIL              : beyond_smg@hotmail.com

KASKUS        : https://kask.us/gXBOS