Impor merupakan kegiatan pembelian barang atau jasa asing dari negara lain. Negara atau rakyatnya melakukan impor karena beberapa alasan tertentu. Sedangkan Ekspor adalah kegiatan mengirim barang atau komoditas ke luar negeri untuk mencukupi kebutuhan suatu barang yang tidak tersedia di negara lain. Dengan adanya kegiatan ekspor impor ini maka kebutuhan suatu barang atau jasa yang tidak terdapat di negara sendiri atau lain dapat terpenuhi.

Dalam dunia ekspor impor pasti ada peran suatu lembaga atau instansi dibalik suksesnya kegiatan ekspor impor. Kompleksitas yang dimiliki oleh transaksi ekspor impor ternyata cukup besar. Selain dari peraturan antar negara yang harus dipahami, kredibilitas pihak pembeli atau penjual yang harus diyakini, ada baiknya pula kita mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam masalah transaksi ekspor impor. Dimulai dari tahap negosiasi, eksekusi, hingga transaksi telah terdapat kira-kira 10 lembaga atau instansi yang terlibat dalam kegiatan ekspor impor. Siapa saja ya kira-kira yang terlibat di dalamnya? Lanjut baca terus ya…

Pihak-pihak yang berperan dalam kegiatan ekspor impor yaitu:

  1. Penjual (Exportir) sebagai Agent dari Exportir atau disebut juga Trader.
  2. Pembelu (Importir) sebagai Agent dari Importir atau disebut juga Trader.
  3. Bank atau Lembaga keuangan lainnya sebagai fasilitator pembayara, keuangan dan penjaminan.
  4. Asuransi sebagai institusi penjaminan risiko.
  5. Maskapai Pelayaran / Penerbangan sebagai Agent.
  6. Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) sebagai penghubung antara eksportir dengan pelayaran dalam hal pengangkutan dan dokumentasi ekspor.
  7. Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK)
  8. Bea Cukai sebagai gerbang keluar masuknya barang.
  9. Surveyor sebagai lembaga survei jika dibutuhkan.
  10. Departemen pemerintahan terkait : Deperindag, Kadin, Depkes/BPOM, Dirjen pajak/ KPKN dan legalisasi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.
  11. Consulate sebagai pelegalisasi ke beberapa negara tertentu.
  12. Badan sertifikat lainnya.

Merekalah yang telah berperan penting dalam menyukseskan proses ekspor impor. Jadi sekarang udah tau ya kan. Semoga bermanfaat…

Gunakan jasa ekspor dan impor dari Beyond Indonesia. Proses belanja dan pengiriman secara global menjadi mudah. Selain itu pengiriman lebih cepat, barang dijamin aman dan terpercaya.

Untuk info lebih lanjut hubungi Beyond Indonesia melalui:

SMS / WA      : 0835 4825 8645

LINE               : Beyond_Id

MAIL               : beyond_smg@hotmail.com

KASKUS       : https://kask.us/gXBOS