Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian serta kegunaan dari devisa. Nah pada artikel ini, kita akan membahas macam-macam devisa. Selain itu kita juga akan membahas dari mana aja sih devisa dapat diperoleh. Pasti masih pada bingungkan bagaimana negara mendapatkan devisa? Simak terus yaa…

Yang pertama kita akan membahas macam-macam devisa. Devisa ini memiliki beberapa macam yaaa.

  1. Devisa umum : didapatkan dari kegiatan ekspor, penjualan jasa, dan bunga modal.
  2. Devisa kredit : devisa yang diperoleh dari kredit pinjaman luar negeri.
  3. Devisa negara : devisa milik pemerintah yang ditatausahakan dalam dana devisa.
  4. Devisa pelengkap : devisa milik swasta yang penggunaannya diawasi dan diatur oleh pemerintah (sebagian tertentu dari devisa hasil penjualan jasa (dalam valas) dari transfer, dan lan-lain yang berlaku saat itu dapat dimiliki oleh yang menghasilkan).
  5. Devisa ekspor : devisa milik swasta yang penggunaanya diawasi dan diatur oleh pemerintah (sebagian tertentu dari devisa hasil ekspor barang yang menurut peraturan devisa yang berlaku saat itu dapat dimiliki oleh eksportir yang bersangkutan sebagai perangsang ekspor).
  6. Cadangan devisa : simpanan mata uang asing oleh bank sentral dan otoritas moneter.

Darimana saja sih devisa itu didapatkan? Sebagian dari kalian pasti masih bingung ya kan. Ketahuilah sumber-sumber devisa :

  1. Pinjaman atau hutang luar negeri

Pinjaman dalam bentuk uang, secara langsung bisa menambah devisa. Karena berbentuk pinjaman atau hutang maka negara memiliki kewajiban untuk membayarnya.

  1. Hadiah, sumbangan, dan bantuan luar negeri

Bantuan dari luar negeri bisa saja berbentuk barang ataupun uang. Jika berbentuk barang, maka hal ini dapat menghemat devisa negara karena negara dapat memperoleh barang tanpa harus membayarnya. Untuk  bantuan berbentuk uang, maka negara akan memeroleh devisa tambahan.

  1. Hasil ekspor barang dan jasa

Suatu negara yang mengekspor barang ke negara lain, maka negara tersebut akan memeroleh devisa dari negara pengimpor berupa devisa. Semakin banyak barang diekspor, semakin banyak pula devisa yang didapat.

  1. Pungutan bea masuk

Bea masuk yang didapat melalui pungutan biaya barang masuk dari luar negeri ke Indonesia, hal itu dapat menambah devisa.

  1. Penerimaan dividen/ jasa beserta bunganya dari luar negeri

Devisa ini diperoleh dari kegiatan pengiriman-pengiriman jasa ke luar negeri. Negara yang mengadakan jasa untuk negara lain, maka negara itu akan mendapat devisa.

  1. Valuta asing dari luar negeri

Devisa yag berasal dari pekerja Indonesia di luar negeri, seperti TKI dan TKW. Mata uang asing dari pekerja di luar negeri kemudian akan ditukarkan menjadi rupiah di bank devisa. Penukaran uang inilah yang akan menambah cadangan devisa negara.

  1. Kegiatan pariwisata

Kunjungan turis-turis dari luar negeri ke Indonesia ini dapat menambah devisa bagi negara. Dengan mereka menukarkan uang mereka dengan rupiah, dari penukaran inilah yang menjadi cadangan devisa bagi negara.

Itulah sumber-sumber devisa dapat diperoleh. Udah paham kan sekarang? Hehe.

 

Gunakan jasa ekspor dan impor dari Beyond Indonesia. Proses belanja dan pengiriman secara global menjadi mudah. Selain itu pengiriman lebih cepat, barang dijamin aman dan terpercaya.

Untuk info lebih lanjut hubungi Beyond Indonesia melalui:

SMS / WA      : 0838 3826 8230

LINE              : beyond_id

MAIL              : beyond_smg@hotmail.com

KASKUS        : https://kask.us/gXBOS